SejarahHello Kitty diciptakan oleh perancang
dari Sanrio yang bernama Shimizu Ikuko pada tahun 1974 yang
merupakan tahun kelahiran resmi Hello Kitty. Penjualan barang-barang Hello
Kitty baru dimulai pada bulan Maret 1975.
Barang Hello Kitty pertama dipasarkan berupa dompet kecil yang disebut Puchi
Purse dengan harga 240 yen. Perusahaan Sanrio
bahkan tidak lagi memiliki dompet Puchi Pursesampai mendapat
sumbangan sebuah dompet Puchi Purse dari seorang kolektor yang
sekarang dipamerkan di kantor perusahaan. Dompet Puchi Purse kemudian
dibuat replikanya dan dijual sebagai barang dalam jumlah terbatas.Karakter dalam barang Hello Kitty
dari tahun 1974 sampai tahun 1975 belum diberi nama. Pada dompet Puchi
Purse yang merupakan produk pertama hanya tertulis kata
"Hello!" (tanpa tulisan "Kitty"). Pada awalnya orang Jepang
mengenal karakter Kitty White sebagai "kucing putih tidak bernama,"
sampai akhirnya perusahaan memberi nama "Kitty" yang diambil dari
nama kucing berbulu putih yang tampil dalam cerita Alice di Negeri
Kaca (Through the Looking-Glass) oleh Lewis Carroll. Pada mulanya Kitty White tidak
memiliki nama keluarga atau nama keluarganya tidak diumumkan, "White"
sebagai nama keluarga baru ditambahkan di kemudian hari.Pada produk-produk awalnya, Kitty
selalu digambarkan sedang duduk dan
baru pada tahun 1977 Kitty digambarkan berdiri.Pada tahun 1996,
Hello Kitty kembali menjadi populer secara mendadak di kalangan siswa putri
sekolah menengah pertama dan sekolah menengah berkat penyanyi Jepang yang
populer pada saat itu Kahara Tomomi mengaku
sebagai penggemar berat Hello Kitty dalam salah satu acara televisi.Di Jepang, kepopuleran Hello Kitty
mencapai titik paling rendah di sekitar tahun 1980-an. Pada tahun 1980,
Yonekubo Setsuko yang merupakan desainer generasi kedua digantikan oleh Yamaguchi Yūko
yang masih memegang posisi desainer hingga sekarang. Penampilan karakter Kitty
selalu diperbarui setiap tahun, bahkan penampilan Kitty berbeda-beda setiap
pergantian musim. Perusahan juga mengubah target pemasaran dan melakukan
berbagai macam inovasi agar angka penjualan yang tinggi dapat dipertahankan.Penelitian mengenai kembalinya
kepopuleran Hello Kitty di Jepang pada tahun 1996 belum
pernah dilakukan orang, sehingga mungkin saja Hello Kitty kembali populer
berkat jasa Kahara Tomomi atau
mungkin juga Hello Kitty sudah lebih dulu populer tapi beritanya tidak diangkat
oleh media massa. Dalam pernyataannya pada tahun 1997, direktur perusahaan
Sanrio pernah mengakui bahwa Hello Kitty kembali populer di Jepang berkat
Kahara Tomomi.Pada tahun 2004,
Kitty menjabat sebagai "teman khusus anak-anak" di UNICEF hingga
tanggal 1 November 2004).
Selain itu, Kitty juga pernah dua kali menjabat sebagai duta UNICEF, pertama
pada tahun 1983 (UNICEF America Junior Ambassador) dan yang kedua
kalinya di Jepang pada tahun 1994. Di Amerika Serikat, Hello Kitty
menjadi populer pada akhir tahun 1990-an berkat beberapa orang selebritis seperti Mariah Carey yang menggunakan Hello Kitty sebagai gaya
busana. Hello Kitty juga pernah menjadi maskot iklan untuk pasar swalayan Target. Ricky Martin, Cameron Diaz, Heidi Klum, Steven Tyler, Carmen Electra, Mandy Moore, Raven-Symoné, hingga Paris Hilton dan Nicky Hiltonsemuanya pernah terlihat menggunakan barang-barang
Hello Kitty. Penyanyi Lisa Loeb merupakan
penggemar berat Hello Kitty hingga salah satu albumnya diberi nama Hello Lisa yang
dipersembahkan kepada Hello Kitty.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar